Intel Edison, Prosesor Canggih Seukuran Micro SD

Intel Edison, Prosesor Canggih Seukuran Micro SD

 Brian Krzanich, CEO Intel 

  Jakarta - Intel langsung menggebrak di hari pertama Consumer Electronics Show (CES) 2014. Dari semua teknologi yang diperkenalkan, semuanya menakjubkan. Termasuk prosesor terbarunya yang diberi nama Edison. Prosesor ini unik karena hanya seukuran micro SD.

Dengan ukuran sekecil itu, Edison disiapkan Intel untuk mengantisipasi tren wearable gadget yang mulai meningkat belakangan ini. Tak cuma sekadar smartwatch, prosesor Edison juga siap memperkuat wearable device lainnya, seperti pakaian pintar, ataupun yang lainnya.

Meski hanya seukuran micro SD, Intel Edison nyatanya telah mengusung teknologi dual-core. Adapun basis teknologi yang digunakannya berasal dari SoC (System on Chip) Quark yang telah diumumkan Intel pada event Intel Developer Forum (IDF) 2013 beberapa bulan lalu.

Tak hanya itu, di dalamnya, Intel Edison ternyata juga telah disematkan konektivitas WiFi dan Bluetooth. Adapun sistem operasi yang didukungnya adalah berbasis Linux.

Seperti disaksikan langsung oleh detikINET di Las Vegas, AS, pada demo yang ditunjukkan oleh Brian Krzanich, CEO Intel, wearable gadget yang telah mengandalkan Edison pada jeroannya adalah smartwatch dan sebuah pakaian pintar untuk bayi.

Uniknya, berkat Intel Edison, pakaian pintar yang disiapkan untuk bayi tersebut memiliki kelebihan seperti dapat mengetahui temperatur sang bayi. Selanjutnya data temperatur yang diperoleh akan diterjemahkan menuju sebuah perangkat berbentuk mug.

Yang mana berdasarkan data yang diperolehnya, mug tersebut akan menunjukkan notifikasi bergambar emoticon tersenyum berwarna hijau yang mengartikan bayi sedang mengalami perasaan senang. Sedangkan bila gambar emoticon berubah menunjukkan wajah muram dan berwarna merah, artinya bayi tersebut sedang merasa gelisah.

0 Response to "Intel Edison, Prosesor Canggih Seukuran Micro SD"